16.11.10

Praktikum Penyuluhan

Penyuluhan merupakan proses pendidikan non formal yang digunakan untuk mempengaruhi pengetahuan, sikap mental, dan keterampilan/tindakan warga yang disuluh (perseorangan, kelompok, dan massa) agar dapat memecahkan masalah dan berlaku agribisnis yang lebih efisien dan inovatif.

Dalam proses penyuluhan, secara langsung dan tidak langsung terjadi suatu komunikasi antara penyuluh dan yang disuluh. Syarat komunikasi dalam penyuluhan antara lain :

(1) Prosesnya haruslah komunikatif, isi pesannya harus bermakna bagi orang yang disuluh. Dengan anjuran/saran/alasan yang bermakna ini akan mengobarkan imajinasi, yang selanjutnya membuat orang tergerak baik mental maupun fisik.

(2) Caranya harus persuasif dan bukan paksaan

(3) Dapat diterima dengan menyenangkan

Karena kegiatan penyuluhan ini hanya bertujuan untuk melatih kemampuan berkomunikasi dengan massa, maka pada pelaksanaan praktikum penyuluhan yang saya lakukan bersama teman-teman satu kelompok, dilakukan terhadap anak SMP kelas 3 di Kabupaten Bogor. Dan kami mengambil judul “Berbisnis dengan Kelobot Jagung”. Di sini kami mengharapkan siswa-siswi SMP ini dapat termotivasi dan terasah kemapuan/potensinya dalam berinovasi pada lembaran-lembaran kelobot jagung.

Jagung merupakan komoditi penting yang dimanfaatkan penduduk Indonesia sebagai komoditi pangan. Bahkan, seiring perkembangan zaman, jagung dimanfaatkan oleh Negara asing sebagai penghasil bioethanol. Namun, dalam proses produksinya, yang kebanyakan dimanfaatkan pada jagung hanyalah bijinya, sisanya hanya dimanfaatkan sebagai bahan kebutuhan yang kurang bernilai ekonomis. Seperti batang yang hanya dimanfaatkan untuk ajir, daun untuk pakan ternak, atau bahkan ada yang diabaikan hingga membusuk.

Di sini, kami mencoba memberikan suatu clue berupa ide inovasi kreatif agar pemikiran siswa terpancing dan termotivasi untuk melakukan kegiatan kreatif ini maupun kegiatan yang sejenisnya. Memanfaatkan kelobot jagung untuk membuat handycraft merupakan kegiatan yang dapat mengatasi masalah sampah organik serta dapat menghasilkan karya yang bernilai ekonomis.

Kelobot jagung yang telah kering dapat dibuat menjadi bros cantik, bingkai foto, boneka, bahkan pakaian.

Saat melaksanakan penyuluhan, kami memberikan kesempatan kepada para siswa untuk bertanya serta mencoba sendiri untuk membuat prakarya dari kelobot jagung tersebut. Suatu kegiatan penyuluhan dapat dikatakan berhasil apabila penyuluh mampu dan berhasil mempengaruhi pola pikir, pengetahuan, dan hasrat para suluh, sehingga para suluh memperoleh pengetahuan dan informasi yang lebih luas, serta hasrat untuk melakukan kegiatan tersebut meningkat.

0 komentar:

Posting Komentar