12.8.11

About Trauma: Insiden di Malam 'Iedul Fitri


Telah lewat bulan Ramadhan yg penuh keberkahan dan suka cita itu (kira2 sekitar 13 thn lalu). Di mana tiap seusai shalat subuh, aku dan teman2 sepermainan di sekitar rumah main2 di jalanan sambil olahraga kecil2an.
Kami selalu melakukannya di bulan Ramadhan, karena seusai subuh memang jalanan masih sepi banget, nggak ada kendaraan yg lalu lalang. Bahkan bisa untuk olahraga yg main2, kayak main badminton, skateboard, rollerbed (bener nggak tu tulisannya kayak gitu), monopoli, congklak, bola bekel *jgn percaya ya, nggak semuanya itu bener :D
Hmmm, pokoknya pagi2 adalah waktu yg paling menyenangkan di bulan Ramadhan. Tapi selain pagi, malamnya jg menjadi waktu yg sangat menyenangkan di bulan mulia ini, karena aku dan teman2 suka samper2an kalo mau berangkat ke masjid untk shalat tarawih, trus selesai shalat kita main lagi, hehe. Makanya bulan suci ini disebut bulan penuh keberkahan, karena ya salah satunya bs memupuk kebersamaan dgn sesama J
Satu malam pemecah kesunyian, pelepas lelah bagi yg khusyu’ beribadah selama bln Ramadhan, dan sebagai penyambut akan datangnya hari kemenangan. Gema takbir berkumandang pertanda berakhirnya bln Ramadhan dan akan dtgnya ‘iedul fitri.
Semua ibu2 saling antar2an makanan. Ya ketupat, opor, semur, atau jenis makanan lain yg khas di hari raya. Semua bersuka cita. Bapak2 datang ke masjid untuk takbiran bersama-sama. Anak2 pun ikut bergembira. Ada yg lari2an di sekitar masjid, ikut takbiran, mukul2 bedug, dan macam2.
Aku dan teman2ku lebih memilih main di luar masjid, karena klo main di dalam masjid nggak sopan, lagian jg takut diomelin sama mendiang nenekku ^^ kebetulan masjid di dekat rumah itu memang milik beliau.
Aku, yg (rada) pendiam tapi nggak bisa diam ini, memang senengnya wara-wiri. Berteman dgn teman2 dan sodara2 yg memang nggak bs diam jg, cocok dah. Saat temanku lagi becanda dan ngeledek salah satu anak cowok yg umurnya masih pitik tapi nakalnya masya Allah, anak itu ingin memukul dan menembakkan pistol mainannya ke temanku itu, trus dia (temanku) lari, aku spontan yg lihat mereka jg ikutan lari krn takut kena imbasnya.
Dari tepi gang samping jalan kami lari sampai ke pinggir2 jalan depan masjid. Di mana jalanan saat itu agak ramai kendaraan dan orang2 pada lalu lalang. Aku yg lari paling belakang beberapa kali menoleh ke belakang krn takut anak badung itu malemparku dgn pistol mainan yg bentuk dan ukurannya sama kayak pistol beneran. Lalu temanku yg lari di depanku lari menyebrang jalan, aku yg di belakangnya yaa ikutan nyebrang.
Belum sampai di seberang jalan, tiba2 motor yg melaju kencang menyerempet dan aku tertabrak, aku jatuh tepat di depan ban depan motor itu. Karena motor itu memang agak ngebut, jadi si bapak pengendaranya mungkin nggak bs mengendalikan laju motornya. Aku kegiles guling2 dgn motor itu di atas aspal sejauh kurang lebih 4 meter.
Klo dibayangin, waktu itu aku udh kayak dirol, kayak bagian aspal yg mau diratain pake bulldozer, astaghfirullaah.
Seusai dirol, di saat itu aku masih terbaring di jalanan, ternyata aku masih sadar (alhamdulillaah aku masih idup), dan pertama kali yg ku sebut adalah ayah, memanggil ayah dgn suara merintih, aku nggak bs nangis wkt itu, krn semakin nangis atau bergerak badanku semakin sakit.
Entah siapa yg memanggil ayahku begitu cepat, mungkin ayah memang lg ada di masjid juga. Ayah dtg dan langsung mengangkatku untuk digendongnya.
 Saat digendong ayah dan di bawa ke rumah, sempat2nya aku mikir klo ‘jgn2 tulangku ada yg patah! Oh No!!’
Dengan cepat seseorang utusan umi memanggil tukang urut. Malam itu jg aku langsung diurut dan nggak dilarikan ke rumah sakit, karena memang nggak ada masalah dengan tulangku, hanya saja otot2 badan dan urat terpelintir sana-sini dan lecet parah sana-sini.
Sehabis diurut selama kurang lebih 2 jam, aku diketawain dan disuruh bercermin. HWAAA….pipi dan bagian mukaku yg lain lecet parah, kulitnya merah coklat dan ada yg terkelupas, kayak habis kebakar >____<. Terus lagi kedua tanganku juga lebih parah, apalagi di bagian siku, malah ada yg hampir kelihatan dagingnya, masya Allah >____<
Orang tuaku udah biasa klo ada musibah atau apa2 dgn anaknya, malah diketawain, bukan dimarahin atau malah ditangisin. Aku tau, mereka kayak gtu supaya aku bs tegar dan nggak shock.
Dalam hatiku saat itu “ya Allah, miaaa….., malam takbiran knp dpt musibah gini, mana akibat ulah sendiri, hadoooh….aku malu bgt besok lebaran keadaanku menyedihkan kayak gini, heuheu..!”
Kata si umi, “haduh mia, nggak kebayang kalo harus di rumah sakit lg mlm takbiran gini T__T ”
Hmmm…., memang yah setiap peristiwa itu ada hikmahnya. Keesokan harinya, yaitu hari lebaran, dari pagi org2 shalat ‘ied aku cuma nunggu di rumah, aku malu keluar dan dilihat org2. Tapi saat sodara2 pada kumpul di rumah nenek yg letaknya di samping masjid, aku disuruh datang, truss ya aku datang dong, sambil malu2. Encang-encingku iba saat melihat keadaanku, keadaanku memang begitu menyedihkan T___T sekaligus menyeramkan >,<.
Hari lebaran yg ada kebiasaan ngasih duit untk ank2 kecil dan ank2 gede, pastinya aku kedapetan juga doong, kita semua menyebutnya uang THR. Kali ini aku dapet uang THR lebih gede dr biasanya, sodara2ku ngasih uang THR jauh lebih gede dr biasanya dan dr yg semestinya.
‘ihhh,, banyak bangett uang THRku, haha. Ini pasti karena sodara2 melihat keadaanku yg parahh sehingga mereka merasa iba dan terketuk hatinya untuk menyenangkan hatiku dgn memberi THR lebih gede, wkwkwk.’

Oh iya, lupa certain bapak yg nabrak aku td. Bapak itu membonceng seorang bapak tua, ternyata yg nyetir motor itu adalah seorang tukang ojek. Dia nggak kabur qo’ wkt habis kejadian itu, malah mereka ikut menengokku waktu aku diurut, trus bpk ojek td mau memberi uang untukku, mungkin karena ia merasa bersalah *duuh kasian si bpk, tp umi menolaknya, karena umi kasihan katanya, dia cuma tukang ojek, mana mau lebaran, itu uang yg mau dikasihin ke aku kan rejeki dia untuk lebaran besok. Umi bilang ‘nggak kebayang kalo jd istri atau anak2nya, dpt musibah yg sebenarnya bkn kesalahan dia’. Trus umi minta maaf ke bpk ojek krn aku udh ceroboh, itu supaya dia nggak terus2an ngerasa bersalah. Akhirnya mereka pergi dgn perasaan yg (kelihatannya) lebih tenang. 

Itulah kisah masa kanak2ku yg begitu menggemaskan. Penuh canda dan tawa, namun berlebihan, sehingga melahirkan sedikit tangis dan luka. Maka dari itu, Allah memperingati kita agar jgn terlalu terlena dlm kesenangan *cieeh ^^

Dan sekarang, aku udh gede, udh cukup dewasa, masih sering trauma dgn kejadian itu. Kalo lg jalan di jalan kendaraan atau lagi mau nyebrang, nggak tau knp kepalaku tiba2 sempoyongan, atau kadang sedikit pusing, seolah2 badanku ketarik sama aspal *ada2 aja! Makanya, aku lebih seneng jalan di jalanan biasa, kalo kata org betawi ‘jalan ngampung’, pokoknya jalan yg nggak begitu ramai.haduhh…aku jadi org yg soliter gini deh…. L

0 komentar:

Posting Komentar