28.8.10

10 WASIAT ALLAH UNTUK MANUSIA

Wasiat merupakan pesan yang wajib dijalankan, jika sebuah wasiat tidak dilaksanakan mungkin dapat berakibat tidak baik bagi orang-orang yang diberi wasiat tersebut. Allah SWT. telah menyampaikan wasiat melalui nabi Muhammad saw. untuk umat manusia sepanjang masa dalam surat Al-An’am ayat 151-153.

“Katakanlah (Muhammad), ‘Marilah aku bacakan apa yang diharamkan Tuhan kepadamu. Jangan menyekutukanNya dengan apapun, berbuat baik kepada ibu bapak, janganlah membunuh anak-anakmu karena miskin. Kamilah yang memberi rezeki kepadamu dan kepada mereka, janganlah kamu mendekati perbuatan yang keji baik yang terlihat maupun yang tersembunyi, janganlah kamu membunuh orang yang diharamkan Allah kecuali dengan alasan yang benar. Demikianlah Dia memerintahkan kepadamu agar kamu mengerti.’ (Al-An’am : 151)

‘Dan janganlah kamu mendekati harta anak yatim, kecuali dengan cara yang lebih bermanfaat, sampai dia mencapai (usia) dewasa. Dan sempurnakanlah takaran dan timbangan dengan adil. Kami tidak membebani seseorang melainkan menurut kesanggupannya. Apabila kamu berbicara, bicaralah sejujurnya, sekalipun dia kerabatmu dan penuhilah janji Allah. Demikianlah Dia memerintahkan kepadamu agar kamu ingat.’ (Al-An’am : 152)

‘Dan sungguh, inilah jalanKu yang lurus. Maka ikutilah! Jangan kamu ikuti jalan-jalan (yang lain) yang akan mencerai-beraikan kamu dari jalanNya. Demikianlah Dia memerintahkan kepadamu agar kamu bertakwa.’” (Al-An’am : 153)

Jika dirinci satu per satu maka 10 wasiat tersebut di antaranya yaitu :

  1. Larangan melakukan SYIRIK
  2. Perintah BERBAKTI kepada orang tua
  3. Larangan MEMBUNUH ANAK karena miskin
  4. Perintah menjauhi MAKSIAT LAHIR BATIN
  5. Larangan MEMBUNUH jiwa yang diharamkan
  6. Perintah MENGELOLA HARTA ANAK YATIM dengan baik
  7. Perintah berlaku ADIL DALAM JUAL BELI
  8. Perintah berkata JUJUR kepada siapapun
  9. Perintah MENEPATI JANJI
  10. Perintah MENGIKUTI JALAN ALLAH yang lurus serta menjauhi jalan lain

0 komentar:

Posting Komentar