31.7.11

Jika Surga & Neraka tak Pernah Ada


Pernahkah kalian,  seketika berhenti dr kesibukan, ….terhenti memikirkan segala urusan, ….tersentak diam merenung dan memikirkan sebuah pengandaian, ….terpaku pd suatu hayalan, ….terperangkap pada sebuah pikiran, membayangkan….jika Tuhan benar2 tidak menyediakan surga dan neraka sebagai balasan.

Bayangkan jika Tuhan memerintahkan kita untuk beribadah kepadaNya, namun tak menjanjikan kpd kita surga sebagai balasan. Dan bayangkan jika Dia melarang kita berbuat segala hal yg Dia tidak kehendaki tanpa mengancam dengan nerakaNya.

Bayangkan, seolah-olah…Tuhan berkata “sembahlah aku! Sujud kepadaku! Karena aku telah memberimu nikmat, memberimu rizki yg cukup, memberimu petunjuk jalan kebenaran demi kedamaian hidup. Dan jauhkanlah olehmu segala keburukan, perbuatan maksiat, zina, menyekutukanKu., karena kehidupanmu segalanya adalah milikKu”. Namun, semua itu tanpa balasan. Yang jika kitapatuh terhadap perintah Tuhanmu, maka tak ada surga sebagai balasan. Dan jika kita berbuat keburukan, maka Tuhamu tidak akan membalasnya dgn neraka.

Bayangkan jika demikian adanya…….,

Apakah kita masih tetap mendirikan shalat sebagai wujud ketundukan kita terhadap Sang Pencipta??
Apakah kita masih mau meninggalkan perbuatan maksiat dan sejenisnya, sementara yg kita tahu tak ada balasan buruk atas perbuatan2 tsb??

Sampai di mana ketulusan kita menghambakan diri kepada Allah Tuhan semesta alam??
Apakah kebaikan yg selama ini kita kerjakan hanya sebatas mengharapkan balasan surga yg Dia janjikan??
Jika hanya surga yg kita harapkan, merasakah bahwa kita seolah-olah menuhankan surga. Selalu mendambakan perjumpaan dengannya, bukan dengan Tuhan kita!?

Seberapa besar ketulusan kita beribadah menundukkan jiwa kepada Allah, memang hanya Allah yg tahu. Manusia tak ada yg mampu mengukurnya, bahkan mengukur kualitas dirinya sendiri sekalipun. Qolbu manusia terlalu dalam untuk diterka. Hanya Tuhan kita yg mampu menilai. Maka, rahasia makhluk tersimpan baik-baik oleh Tuhan. Rasa tulus, dan ikhlas, hanya Allah yg tahu.

*berhubung bingung mau kasih judul apa, jd judulnya kayak judul lagu religie'y alm. Krisye :D

0 komentar:

Posting Komentar